Traffic = Penjualan? Salah Kaprah!

Apakah traffic sama dengan penjualan? Jika ada yang punya pemahaman seperti itu, kami tidak setuju. Penjualan memang berasal dari traffic, tapi traffic belum tentu mendatangkan penjualan apalagi otomatis meningkatkannya.
Kenapa? karena sebuah penjualan/transaksi jual beli (yang kami pahami selama mendampingi berbagai jenis klien) adalah ranah yang benar-benar berbeda, transaksi jual beli yang terjadi via pemasaran online adalah hasil kepercayaan dari calon konsumen terhadap si penjual. Bagaimana caranya menjadikan diri anda penjual yang bisa dipercaya atau trustable sehingga memiliki peluang lebih besar terjadinya transaksi? Idenya sederhana, jadikan diri anda sebagai penjual yang selalu berusaha semaksimal mungkin untuk bisa 'dipercaya' oleh calon konsumen anda. Jika anda telah bisa melakukan ini, selanjutnya anda akan melihat konsumen yang mengalir menjadi pembeli setia produk/jasa anda. "They will buy whatever you sell"

Selain dari hal diatas, kami yakini terjadinya transaksi/penjualan di bisnis online adalah hasil dari gabungan berbagai unsur seperti :
1. Pelayanan/respon yang maksimal dari penjual
2. Harga produk/jasa yang bersaing dan negotiable
3. Riset Pasar yang baik sehingga menghasilkan konsumen yang tepat
Pre-Selling atau pendahuluan penjualan, adalah sebuah cara bagaimana anda memposisikan diri anda bukan sebagai 'agressive salesman' tapi sebagai teman/partner/sahabat bagi pembeli/konsumen anda. Pemasaran online tidak (pernah) seperti marketing tradisional, dimana antara si penjual dan pembeli terjadi interaksi langsung. Disinilah dibutuhkan jasa SEO atau Marketing via online/internet jika anda sadari, adalah transaksi yang hanya melibatkan suara (telpon) atau bahkan benar-benar hanya via 'what your consumer read about you' (testimonial). Hal ini akan berbeda jika anda melibatkan jenis transaksi COD (cash on delivery) ketika transaksi jual beli terjadi.
Jika anda sebagai penjual memahami ini dengan baik, anda akan tahu bahwa transaksi jual beli yang berhasil bukanlah melulu mengandalkan traffic.

Sebagai contoh, kami punya beberapa klien yang hanya memiliki 30-70 unique visitor per day, tapi berhasil membukukan sales 80% dari traffic yang ada per bulan, luar biasa bukan? Jadi silahkan anda pilih, mau punya traffic ribuan sampai puluhan ribu tapi sales hanya 10-20% atau sebaliknya? Semoga share diatas bisa membantu anda memahami lebih tentang internet marketing dan traffic sebuah website yang sesungguhnya!

Salam sukses dari partner pemasaran online anda,
BOOST! Indonesia