Mobile-First-Indexing

Apa itu Mobile-First Indexing?

Apa itu mobile first indexing (pengindeksan utama versi seluler)?

Mobile-first indexing atau Pengindeksan utama versi seluler adalah cara Google merayapi dan mengindeks web. Alih-alih melihat versi halaman desktop, Google melihat versi halaman mobile. Dalam istilah yang lebih sederhana, Google merayapi dan mengindeks halaman web Anda berdasarkan bagaimana website itu dibuat di ponsel lebih dari komputer desktop.

Google mengumumkan pada Desember 2018, bahwa lebih dari setengah halaman yang ditampilkan dalam hasil pencarian secara global berasal dari Google yang mengindeks konten yang menggunakan prosedur pengindeksan mobile-first. Itu berarti bahwa kemungkinan besar halaman yang Anda kunjungi dari pencarian Google didasarkan pada bagaimana Google mengindeks konten tersebut berdasarkan versi mobile dari halaman itu.

Google biasanya akan memberi tahu Anda ketika situs Anda telah pindah ke pengindeksan utama versi seluler dalam Google Search Console. Jadi pastikan untuk memeriksa pesan Anda di Google Search Console. Google juga akan memberi label situs Anda sebagai yang terakhir dirayapi oleh agen pengguna ponsel cerdas Googlebot di alat pemeriksaan URL sebagai sinyal lain bahwa situs Anda telah pindah.

Google mengatakan Anda harus memperhatikan data terstruktur dan teks alternatif untuk gambar pada halaman seluler dengan perubahan ini.

Mengapa itu penting? Jika halaman desktop Anda berbeda dari halaman mobile Anda baik dari segi konten dan data terstruktur, maka peringkat Anda mungkin akan terpengaruh. Google umumnya telah memindahkan situs-situs yang memiliki paritas antara halaman mobile dan desktop terlebih dahulu dengan indexing mobile-first. Tetapi dengan lebih dari setengah hasil pencarian sekarang diindeks melalui pengindeksan mobile-first, hanya masalah waktu sampai halaman web Anda dipindahkan juga.

Perhatikan betul hal ini, jika anda ingin website anda tetap di index oleh google. Bagaimanapun juga, Google masih menjadi raja mesin pencari paling efektif di dunia.