Apa Itu Strategi Pemasaran??

Apa itu Strategi Pemasaran?

Setiap usaha yang hebat dan sukses harus memiliki strategi pemaran bisnis yang matang. Strategi pemasaran ini merinci antara lain cara perusahaan menyampaikan pesan tentang kelebihan dan kemampuannya.

Menurut wikipediaStrategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran. [1] Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan

Bagaimana sebuah perusahaan dapat memuaskan kebutuhan kliennya. Yang paling penting, strategi pemasaran yang baik juga harus memikirkan continuity.

Banyak orang menyangka strategi pemasaran itu njlimet (rumit), kenyataanya tidak. Strategi pemasaran haruslah berorientasi dan fokus memenuhi ‘apapun’ kebutuhan calon konsumen. Give exactly what they need, Semudah itu.

Ini Strategi Pemasaran bukan Imajinasi Pemasaran

Banyak yang salah kaprah, strategi pemasaran yang dibuat terlalu berada di atas awan. Tidak bisa dilakukan oleh eksekutor lapangan atau malah ternyata tidak tepat biaya promosinya.

Oleh sebab itu pastikan perusahaan anda membuat strategi pemasaran yang tepat, salah satunya adalah pemasaran internet atau digital marketing.

Salah satu poin strategi pemasaran yang sukses terlihat dari indikator ketika satu titik pemasaran atau lebih, telah dapat mempengaruhi dan merubah cara pikir calon konsumen dalam waktu singkat.

Analisa, analisa, riset!

Strategi pemasaran haruslah dimulai dengan menganalisa kebutuhan paling dasar dari calon konsumen. Mengidentifikasi kebutuhan pasar dengan baik adalah hal terpenting diatas segalanya.
Contoh: jika pangsa pasar tukang bangunan, kita harus bisa membuat strategi pemasaran yang super simple, praktis tanpa ribet.

Intinya, strategi pemasaran yang tidak biasa dan tepat pada cara pikir konsumen lokal, hal ini harus menjadi ‘napas’ untuk semua pihak yang berkepentingan.

2 Komponen Strategi Pemasaran Yang Perlu diperhatikan

1. Kenali Diri Anda
Sebelum Anda dapat pergi ke tempat yang Anda inginkan, Anda harus tahu di mana Anda berada, benar kan?
Kuesioner dibawah ini bisa anda jawab dengan lantang tentunya :
Apa status perusahaan Anda saat ini?
Apa visi Anda untuk bisnis dan merek Anda?
Bagaimana situs web Anda membantu Anda mencapai sasaran bisnis Anda?
Bagaimana kinerja situs web Anda dibandingkan dengan situs pesaing Anda?
Seberapa aktifkah Anda di media sosial?

2. Ketahuilah Lingkungan Anda
Pasar berubah setiap saat.
Anda harus bisa menjawab pertanyaan dibawah ini dengan cepat.
Siapa pesaing/kompetitor langsung Anda?
Apakah ada kompetitor baru yang terlihat ‘wah’?
Apa tren teknologi pemasaran yang mereka lakukan?

Jangan pernah lengah dari apa dan siapa kompetitor anda, pantau mereka secara berkala untuk mengetahui dan pastikan strategi pemasaran anda selalu berada di depan.

Dengan melakukan hal ini, anda juga bisa belajar banyak, melihat dan merasakan langsung, dan pada akhirnya bisa menyempurnakan cara pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor anda.